Tries.co.id – Sejak kemunculan Ghozali Everyday menjadi fenomenal karena bisa meraup uang miliaran rupiah hanya dengan foto selfie, dunia NFT di Indonesia semakin populer. Kini banyak orang berbondong-bondong menjual karya mereka dalam bentuk NFT agar bisa kaya seperti Ghozali.
Imbasnya, situs penjualan NFT seperti OpenSea diserbu banyak orang di Indonesia yang sayangnya menjual foto-foto nyeleneh. Mereka ada yang menjual foto makanan, hewan, bahkan mirisnya ada yang menjajakan foto KTP.
Namun dari sekian banyak karya yang dijual, kini muncul Karafuru NFT yang tak kalah menarik perhatian warganet. Pasalnya, NFT ini mampu terjual hingga ratusan juta rupiah per gambar yang menonjolkan karya seni unik.
Nah, di bawah ini Zigi.id telah merangkum sejumlah fakta tentang Karafuru NFT yang diolah dari berbagai sumber. Pengin tahu apa saja fakta dari Karafuru? Yuk, scroll sampai habis artikel ini.
Dibuat Orang Indonesia
Karafuru NFT dibuat oleh Museum of Toys dan seorang seniman Indonesia Bernama WEDE yang dikenal di Twitter sebagai @Willy_WD dan menggunakan akun Instagram @wd.willy. Karya seni yang cukup unik ini diketahui terinspirasi dari museum mainan pertama dan terbesar di Indonesia.
Berkat karya seni yang indah, Karafuru berhasil menarik ceruk unik kolektor mainan yang memasuki pasar NFT terutama di OpenSea. Selain bekerja sama dengan Museum Of Toys, Willy juga menggandeng Urban Sneaker Society.
Baca Juga : NFT itu seperti apa? Simak penjelasannya
Masuk Kancah NFT Sejak 17 Januari 2022
Karafuru memasuki kancah NFT sejak 17 Januari 2022. Itu artinya, karya seni tersebut belum satu bulan menjadi NFT hingga saat artikel ini dibuat, Sabtu, 5 Februari 2022. Meski demikian, sejak awal kedatangannya mereka langsung menarik minat kolektor hingga mampu memperbesar jangkauan sosial medianya ke lebih dari 140 ribu pengikut di Twitter dan 22 ribu pengikut di Instagram.
Baca Juga : Fenomena NFT kamu perlu tau hal ini
Viral Berkat Chef Arnold
Selain karena memang karyanya yang dinilai ciamik oleh para kolektor, Karafuru bisa cepat besar tak lepas dari tangan Chef Arnold. Koki kondang tersebut mengunggah cuitan tentang Karafuru dan memperlihatkan gambar Karafuru NFT ke hadapan publik. Sejauh ini, koleksi Karafuru telah lebih dari 5.555 mainan yang estetikanya terinspirasi oleh budaya Jepang yang diekspresikan ke dalam belasan karakter.
Diunggah Arief Muhammad
Bukan hanya Chef Arnold, selebgram dan pengusaha Arief Muhammad turut mengunggah karya Karafuru di akun Instagram @ariefmuhammad. Wajah Arief Muhammad dalam foto tersebut ditempeli salah satu karakter Karafuru. Hasilnya, Karafuru berhasil menjadi Trending Worldwide nomor 1 di OpenSea pada tanggal 4 Februari 2022.
Baca Juga : Tren NFT disebut telat ramai di Indonesia
Terjual Hingga Rp160 Juta Per Gambar
Fakta terakhir dari Karafuru NFT adalah harganya yang bikin geleng-geleng kepala. Karya ini menjadi NFT buatan lokal pertama yang mencapai 4,5 ETH atau sekitar Rp190.597.079 harga dasar di OpenSea.io. Karafuru kini tercatat telah mencapai 4000 ETH atau Rp160.000.000.000 volume yang diperdagangkan.
Demikian beberapa fakta tentang Karafuru NFT yang sedang ramai diperbincangkan setelah kemunculan Ghozali Everyday. Yuk, dukung terus karya anak bangsa.
Sumber : Zigi.id