English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Cara Kerja AR Metaverse

Begini cara kerja AR metaverse

Secara etimologis, metaverse sendiri berasal dari kata ‘meta’ yang bermakna ‘melampaui’ dan ‘verse’ yang berarti ‘alam semesta’. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai sebuah ruang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Begini cara kerja metaverse
Berawal diperkenalkan metaverse oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg, metaverse mulai ramai diperbincangkan. Ia mentransformasikan perusahaan induk Facebook yang dibangun sudah lama menjadi Meta. Pencipta metaverse ini juga ingin mencipatakan dunia virtual. Dunia virtual ini dibangun dari penggabungan teknologi melalui metaverse dengan Augmented Reality dan Virtual Reality.
Jika virtual reality metaverse hanya menghadirkan sesuatu secara virtual, maka augmented reality metaverse bekerja sebaliknya. Teknologi ini menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata melalui digitalisasi atau tautan koodinat grafis yang sebenarnya.
Metaverse merupakan konsep inovatif ditengah perkembangan teknologi yang kian hari semakin cepat. Sebuah solusi yang bisa membantu persoalan yang ada saat ini. Dengan Metaverse, kita dapat bekerja, bertemu, bermain dengan headset realitas virtual, hingga kacamata augemented reality seperti dikutip dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kita dapat melakukan penjelajahan bersama pengguna internet lainnya dengan bentuk avatar diri sendiri dalam dunia virtual yang dinamakan metaverse. Seperti yang dilansir dari Lifestyle Kontan, begini cara kerja metaverse atau kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengguna dalam metaverse.

Cara Kerja & Kegiatan di Metaverse

Horizon

Kita dapat membuat dan memilih tanah sendiri layaknya di dunia nyata, namun aktivitas ini dilakukan pada dunia virtual metaverse. Tanah tersebut bisa berupa taman, kantor, pantai, pegunungan, bahkan tempat yang ingin dituju dimanapun.

Avatar

Dalam dunia virtual, pengguna metaverse dapat menciptakan avatar sesuai yang diinginkan lengkap dengan gender dan pakaiannya. Bahkan, avatar ini dapat berwujud seperti robot, karakter, dsb.

Kegiatan Virtual

Pengguna metaverse dapat melakukan aktivitas layaknya dunia nyata, seperti menonton film, berolahraga, kuliah, bekerja, dsb.

Kumpul Bersama

Selain dapat melakukan kegiatan layaknya di dunia nyata, pengguna metaverse dapat melakukan pertemuan dengan pengguna lainnya, seperti join party, meeting, bahkan nongki sekalipun.

Belanja

Dalam metaverse, pengguna juga dapat melakukan transaksi dan berbelanja layaknya aktivitas belanja langsung di toko atau mall di dunia nyata.

Login Game

Login game ini seperti halnya yang diceritakan pada film Ready Player One atau Film Free Guy.

Hardware Tool

Dengan penggunaan metaverse dapat digunakan secara bersama dengan headset virtual.

 

Begitulah, cara kerja metaverse. Sebuah solusi masa kini yang patut diperhatikan. Apalagi pendiri Facebook Mark Zuckerberg telah memulai inovasi ini kedepannya dan sebuah investasi jangka panjang. Baca juga selengkapanya, Terjun ke Metaverse: Investasi Jangka Panjang buat Brand.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram