English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Lihat Perbedaan Web App Kuno atau Mobile Lebih Maju

Web App Kuno atau Mobile App Lebih Maju? Lihat Perbedaannya

Perkembangan teknologi kian hari makin bertambah. Pesatnya kemajuan teknologi ini membawa dampak yang cukup signifikan bagi berbagai bidang. Pekerjaan dan kebutuhan menjadi terbantu lebih mudah, cepat, dan efisien dengan hadirnya produk teknologi. Produk teknologi yang mengambil peran saat ini adalah Webapp dan mobileapp. Kedua kata ini sudah sering didengar bukan suatu hal yang asing.

Bahkan, setiap lini bidang yang ada mudah kita temui memiliki webapp maupun mobileapp sendiri. Namun, Apakah keduanya merupakan dua hal yang berbeda? Lantas, apa yang menjadikan kedua hal ini berbeda?

Sebelum melihat apakah ada perbedaan dari web app dan mobile app, mungkin sebagian dari kita belum tau maksud dari kedua hal ini.

Pengertian Web App & Mobile App

Web app merupakan singkatan dari Website Application. Didalam web app ini memungkinkan suatu interaksi didalamnya seperti mengirim form, pembayaran online, penggunaan fitur chat, dll. Fitur web didalamnya diprogram tanpa perlu proses install pada desktop.  Dengan kata lain, web app adalah program seperti software tapi berbasis web dan dapat diakses melalui browser saja.

Sedangkan, Mobile app atau bisa juga disebut aplikasi mobile merupakan aplikasi dari sebuah perangkat lunak yang dalam pengoperasiannya dapat berjalan diperangkat mobile (Smartphone, Tablet, iPod, dll), dan memiliki sistem operasi yang mendukung perangkat lunak secara standalone.

Dilihat dari kedua pengertian diatas, web app terkesan kuno dan sederhana dibandingkan dengan mobile app yang terlihat keren dan kompleks. Namun, apakah demikian ? Simak perbedaannya.

Perbedaan Website Application dan Mobile Application

1. How to development

Mobile app dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang spesifik tergantung dari tipe platform yang hendak dikembangkan. Pada umumnya, iOS native melalui Objective-C atau Swift, dan Xcode IDE. Sedangkan, untuk Android native ditulis dengan java melalui Android Studio atau Eclipse IDE.

Bagi web app sendiri dibangun menggunakan Javascripst, CSS, dan HTML5. Dimana aplikasi ini mempunyai fitur sederhana sehingga jauh lebih cepat dan mudah.

2. Biaya

Mobile app sendiri dapat bekerja dengan cepat dan efisien sehingga proses pembuatannya memerlukan biaya yang tidak sedikit terbilang cukup besar dan proses maintenence appnya pun tidak murah.

Sedangkan,  biaya pembuatan web app lebih murah dikarenakan fiturnya lebih sederhana daripada mobile app. Namun, biaya pemeliharaan juga relatif tinggi untuk mempertahankan kualitas web di berbagai platform.

3. Aksebilitas

Secara aksesbilitas mobile app terhitung ribet. Karena untuk dapat menggunakan, aplikasi harus di download  lalu di install melalui playstore dahulu. Adapun setelah di install, mobile app akan kompatibel terhadap beberapa fitur bawaan perangkat juga. Apabila ada pembaharuan dari pengembang, makan diperlukan update untuk mendapatkan fitur baru.

Sedangkan, web app tidak perlu men-download cukup diakses melalui browser dan dapat pula bekerja dengan baik di berbagai jenis perangkat user.

Web app tidaklah kuno karena tidak kalah responsif bila dibandingakan dengan mobile app. Apalagi sekarang sudah memasuki jamanya mobile first world. Dimana mobile menjadi yang utama.

Namun, webapp pun sudah dioptimasi untuk tampilan mobile. Sejak diperkenalkan Progressive Web App (PWA) teknologi ini untuk mobile semakin bagus.

Beberapa contoh web application adalah Trello, Slack, berbagai situs online banking, dan lain-lain

Itulah perbedaan antara webapp dan mobileapp. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Apabila memerlukan pembuatan web app bisa klik disini dan mobile app bisa klik disini untuk informasi selengkapnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram