English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Wanna Kicks, Aplikasi AR pencoba sepatu secara virtual pertama di Dunia

Wanna Kicks Aplikasi AR pencoba sepatu virtual. Seperti apa?

Teknologi augmented reality terus mengalami perkembangan. Salah satunya Wanna Kicks aplikasi dari Wannaby yang memungkinkan pengguna untuk mencoba berbagai pasang sepatu secara virtual.

Wannaby sendiri adalah perusahaan rintisan (startup) dari Belarus yang kini tengah membangun pengalaman dalam bidang ” AR Commerce “.

Aplikasi AR yang dikeluarkan oleh Wannaby ini sebuah aplikasi pencoba sepatu secara virtual pertama di dunia. Penciptaan aplikasi bertujuan agar memudahkan pengguna untuk menemukan sepatu yang cocok tanpa mengenakan sepatu tersebut.

Dengan Wanna Kicks ini pengguna cukup memilih sepasang sepatu dari daftar model yang tersedia di aplikasi tersebut, kemudian arahkan kamera ke kaki. Dan lihat hasilnya, sepatu pilihan pengguna berhasil terpakai walau secara virtual.

Bahkan, aplikasi ini memiliki tracking yang cukup baik saat pengguna bergerak, memutar kaki, ataupun mengubah sudut kamera. Selain itu, pengguna dapat mencoba sepatu sambil berjalan, berlari, bahkan hingga bermain skateboard hanya dengan aplikasi ini.

Teknologi Augmented Reality yang dikembangkan perusahaan Wannaby ini bisa dibilang luar biasa. Pengguna dibuat praktis dan efisien, sebelum membeli sepatu tanpa perlu dikenakan. Pengguna sudah bisa merasakan untuk mencoba berbagai sepatu.

Namun, aplikasi Wanna Kicks belum bisa bekerja dengan baik ketika diarahkan ke cermin. Karena fitur ini masih dalam pengembangan dari developer.

 

Tujuan Pembuatan Wanna Kicks

Pada akhirnya, tujuan Wannaby membuat aplikasi untuk memberi keuntungan kepada penjual maupun pembeli.  Penjual tidak akan merasakan kerugian karena terlalu seringnya pelanggan mencoba sepatu yang kemungkinan akan menimbulkan kerusakan. Aplikasi ini bisa meminimalisir hal tersebut.

Di sisi lain, pembeli akan merasa sangat terbantu ketika berbelanja online dan tidak bisa mencoba barang dengan aplikasi Wanna Kicks ini menjadi mungkin. Hal ini seakan menghapus belanja online dan offline.

Pada dasarnya, ini sebuah ide utama dibalik Wanna Kicks bahwa pengguna bisa memilih dan memutuskan apakah mereka suka sepatu atau tidak tanpa perlu berkunjung ke toko fisik untuk mencoba.

 

Fitur Lain

Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, Wanna Kicks ini juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto berpakaian bersama sepatu virtual baru. Kemudian, pengguna dapat share ke akun sosial media mereka.

 

Wanna Kikcs ini menggunakan Algoritma geometri 3D” canggih bersama dengan neural network  untuk mengidentifikasi posisi sepatu. Algoritme inilah yang menurut startup adalah saus rahasianya dan inovasi utama perusahaan.

Untuk mengenakan sepatu ke dalam aplikasi, Wannaby menggunakan studionya sendiri untuk membuat model 3D yang dipesan lebih dahulu.

 

Sumber : Teknologi.id

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram