English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID

Strategi Pemasaran Produk Melalui Online

Besarnya pengguna internet saat ini terutama di Indonesia membuat membuat para pebisnis dan product owner wajib menggunakan strategi pemasaran melalui online.

Sebelum membahas secara detail tentang bagaimana strategi pemasaran produk melalui online, ada baiknya kita mulai dengan pengertian dari pemasaran online.

Menurut TNMedia, pemasaran online adalah tool, strategi, atau metode untuk menempatkan nama perusahaan/ produk ke publik. Secara sederhana pemasaran online adalah usaha untuk mengenalkan produk ke masyarakat melalui internet.

Tak bisa dipungkiri saat ini internet adalah solusi untuk meningkatkan performa bisnis. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat tiap tahun menjadi potensi yang menjanjikan jika dimanfaatkan dengan baik. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Seperti apa strategi yang perlu dilakukan untuk melakukan pemasaran produk melalui online?

  1. Membuat target pemasaran

Baik offline maupun online, memiliki target pemasaran merupakan hal yang penting diperhatikan. Memiliki target yang tepat akan sangat mempengaruhi strategi pemasaran yang akan di gunakan. Bidik kalangan yang sesuai untuk produk anda lalu test dan cari mana strategi yang paling efektif menghasilkan profit.

  1. Membuat website dan blog khusus

Membuat website dan blog ibaratnya membuat sebuah toko di internet. Segala strategi pemasaran yang dilakukan akan diarahkan menuju toko yang dimiliki berupa website dan blog untuk kemudian orang dapat  berbelanja di website dan blog yang dimiliki. Dengan memiliki sebuah website dan blog sendiri, pemilik bisnis otomatis akan memiliki ruko online dengan harga sewa yang jauh lebih terjangkau disbanding dengan memiliki ruko sebenarnya secara fisik.

  1. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing sampai saat in imasih menjadi cara pemasaran online yang efektif. Meksi tergolong kuno namun faktanya konsumen masih banyak membuka email dan memberikan alamat email untuk menerima promosi-promosi menarik yang ditawarkan pemilik bisnis.

Memanfaatkan teknologi email blast, pemilik bisnis dapat menawarkan penawaran produk secara berkala ke konsumen, mapun calon konsumen. Kemungkinan besar dengan memberikan promosi berkala, calon konsumen yang mendapatkan informasi promosi yang ditawarkan akan membeli produk, semua hanya masalah waktu.

  1. Optimalkan Sosial Media

Saat ini hamper tiap waktu orang menggunakan social media. Hal ini menjadi peluang untuk memanfaatkan social media untuk pemasaran online.

Beberapa social media yang saat ini sangat baik untuk pemasran online:

–          Instagram

–          Facebook

–          Twitter

–          Youtube

  1. Gunakan Jaringan Iklan

Penggunaan jaringan iklan dapat membantu meningkatkan trafik potensial terhadap pemasaran online produk. Banyak jaringan iklan yang gratis, namun akan lebih efektif lagi jika bisa memanfaatkan jaringan iklan berbayar, seperti: Google Adwords, Facebook Ads, Youtube Ads, Twitter Ads, Instagram Ads.

Kelima strategi di atas jika dimanfaatkan secara optimal akan sangat mendongkrak pemasaran untuk produk anda. Dari kelima strategi tersebut mana yang sudah pernah Anda coba?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram