English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Roblox: platform pembuatan permainan sendiri

Roblox: platform pembuatan permainan sendiri

Roblox merupakan salah satu game online yang dapat dijalankan pada Android dan iOS. Game ini digemari anak-anak, terutama kalangan gamer muda di bawah usia 18 tahun.

Kebanyakan orang mengira Roblox ini adalah sebuat gim, namun ia suatu platform untuk membuat gim sendiri. Ini menjadi keunggulan yang berbeda dengan game online lainnya. Roblox memungkinkan para pemainnya untuk merancang permainan mereka sendiri dan memainkan permainan hasil pembuatan dari pemain lainnya.

Tersedia dalam banyak bahasa memungkinkan pemain di Roblox untuk berkolaborasi dengan para pemain lain di seluruh dunia dalam merancang permainan.

 

Roblox: platform pembuatan permainan sendiri

 

Sejarah Roblox

Seperti dilansir dari wikipedia Indonesia, Roblox didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dengan nama Dynablocks pada awalnya.  Pada 1 September 2006, Roblox ini resmi dirilis di pc. Kemudian, Roblox merilis versi di IOS pada 11 Desember 2012. Berlanjut paada 11 Desember 2014, android kebagian rilis dari Roblox ini. Tak hanya itu,satu tahun kemudian, Xbox one sebuah produk konsol permainan video dari Microsoft juga mendapat jatah rilis dari Roblox ini tepatnya pada 20 November 2015.

Tahapnya pun masih beta ketika awal didirikan yang hanya terbuka untuk pemain tertentu dan pengembangnya sendiri untuk mengumpulkan kritik dan saran. Setahun setelahnya, mereka akhirnya menerima lebih banyak orang untuk bermain game tersebut.

Adapun untuk bisa membuat game sendiri di Roblox ini menggunakan mesin yang dimiliki melalui Roblox Studio.

Pada tahun 20007, Roblox terdapat penambahan pada fitur obrolan secara aman untuk pengguna di bawah usia tiga belas tahun. Suatu perubahan dalam pembatasan pengguna dalam berkomunikasi dengan memilih pesan yang telah ditentukan pada menu yang tersedia.

Roblox juga merilis ” Builders Club ” suatu layanan keanggotaan berbayar pada bulan Agustus dan berganti nama ” Roblox premium ” pada bulan September 2019.

Secara keseluruhan, Roblox telah menerima ulasan positif secara umum terutama dari Common Sense Media. Mereka memberikan nilai 4 dari 5.

Pada awalnya, pendiri Roblox David Baszucki memiliki ketertarikan terhadap permainan konstruksi sejak ia kecil. Dimana ketertarikan inilah yang menjadikan Roblox ini bisa dibuat.

David Baszuki dalam pembuatan Roblox didasari oleh visi yang ia miliki. Bahwa dalam penciptaan permainan, pemain memungkinkan untuk dapat menggunakan imajinasinya sendiri sehingga dapat pula waktu yang ada dihabiskan bersama teman mereka secara virtual.

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram