English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
JProfil Joseph Rolland Barbera

Profil Joseph Roland Barbera: Animator, Sutradara, Seniman

Joseph Roland Barbera dikenal sebagai seorang animator, sutradara, produser, storyboard artist, dan kartun artis yang cukup berpengaruh di abad ke-20. Semasa muda, Barbera memulai karir pertamanya di New York, Amerika dengan menjalani kerja serabutan dan menggeluti profesi sebagai bankir kala itu.

Setelah bekerja sebagai bangkir, pria kelahiran 24 Maret 1911 ini mulai bergabung dengan Van Beuren Studios pada tahun 1932. Sebuah studio animasi yang memproduksi kartun teater di New York City.

Kemudian, Barbera pindah ke Terrytoons sebuah studio animasi untuk siaran teater juga tetapi bertempat di New Rochelle, New York pada tahun 1936.

Pada tahun 1937, Joseph pindah ke California dan bekerja di Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), di mana ia kemudian berkenalan dengan William Hanna. Mereka lantas berkolaborasi untuk memproduksi Tom and Jerry dan beberapa film live action.

(FOTO) Joseph Roland Barbera: salah satu pembuat film animasi Tom & Jerry

(FOTO) Joseph Roland Barbera: salah satu pembuat film animasi Tom & Jerry

 

Lalu pada tahun 1957, setelah MGM meniadakan departemen animasi, Joseph dan William mendirikan Hanna-Barbera yangmana menjadi studio animasi televisi paling sukses di Amerika. Adapun studio tersebut berhasil memproduksi beberapa program unggulan seperti.

  1. The Flintstones
  2. Huckleberry Hound Show
  3. Top Cat
  4. Scooby-Doo
  5. Yogi Bear
  6. The Smurfs
  7. The Jetsons

 

Selain itu, ketika perjalanan karirnya dalam industry kreatif menghadirkan beberapa penghargaan untuk dirinya. Penghargaan tersebut antara lain.

  1. Penghargaan Emmy Primetime untuk Prestasi Terbaik dalam Program Anak-Anak – Informasional pada tahun 1973.
  2. Daytime Emmy Award for Outstanding Children’s Entertainment Series (1984,1983)
  3. Primetime Emmy Award for Outstanding Special – Drama Or Comedy (1978)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram