English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Mengenal DuckDuckGo: apa itu?

Mengenal DuckDuckGo: apa itu?

Sama halnya dengan Google, DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari yang lebih memprioritaskan pada privasi dan keamanan data pribadi para penggunannya. DuckDuckGo yang didirikan pada tahun 2008 menyampaikan misi untuk menciptakan standar kepercayaan online.

Semua pencarian yang dilakukan pada DuckDuckGo selalu bersifat anonim, sehingga mesin pencari ini tidak pernah menyimpan informasi pribadi dari para penggunannya.

 

Tampilan mesin pencari duckduckgo

 

DuckDuckGo memiliki peforma yang cukup baik tak kalah dari Google. Dengan peforma, mesin pencari ini mampu menjadi alternatif bagi pengguna yang juga tetap ingin menjaga privasinya. Dengan tidak melacak apa yang menjadi aktivitas penggunannya.

Dilain sisi, DuckDuckGo juga tidak akan menggunakan cookie, mengumpulkan alamat IP dan khususnya pengguna mesin pencari ini tidak diharuskan membuat profil pribadi. Ini menjadi pembeda dan kelebihan jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.

 

Kelebihan

1. Tidak akan melacak pengguna

Riwayat hasil pencarian tidak akan ditampilkan apabila menggunakan mesin pencari, DuckDuckGo sehingga ia akan terlihat seperti pernah digunakan sebelumnya.

2. Tidak adanya banyak iklan

Berbeda dengan Google yang ketika pengguna melakukan pencarian akan melihat banyak iklan pada halaman pertama, tampilan iklan pada hasil pencarian DuckDuckGo diminimalkan. Penampilan ads ini hanya berdasarkan keywords yang diinput oleh users bukan atas profil pribadi atau riwayat pencarian sebelumnya.

3. Hasil pencarian tidak bias

Filter Bubble juga dihindari oleh mesin pencari DuckDuckGo ini sehingga pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang tidak bias. Mesin pencari ini akan menampilkan hasil pencarian tanpa diketahui background penggunannya.

 

Kekurangan

Walaupun DuckDuckGo memiliki kelebihan yang unik, mesin pencari ini juga memiliki beberapa kekurangan. Belum tersedianya fasilitas layanan secara lengkap seperti halnya pada mesin pencarian Google. Fasilitas yang dimaksud berupa Google maps, Google books, dsb yang serupa.

Kekurangan yang cukup terlihat pula pada DuckDuckGo ini user experience yang terkadang menjadi tidak nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan mesin pencari ini tidak mengumpulkan data sebagai upaya meningkatkan layanan agar nantinya hasil pencarian sesuai dengan minat penggunanya.

 

Itulah penjelasan  mengenai apa itu DuckDuckGo. Bagi pengguna yang lebih nyaman menjaga privasinya dan tidak ingin menemui banyak iklan yang bermunculan, DuckDuckGo cocok sebagai mesin pencari selain search engine Google.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram