English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
pemasaran 3d printing

Inilah manfaat 3D Printing dalam pemasaran produk. Benarkah?

Hadirnya teknologi print 3D ini membuat proses pemasaran produk tidak sama lagi dengan yang dulu. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tim pemasaran. Berikut beberapa manfaat teknologi 3D Printing yang bisa dilakukan oleh tim pemasaran atau marketing.

 

1. Membuat Prototype Produk

Dengan model 3D ini promosi bisa dilakukan secara langsung tanpa terlalu banyak menggunakan animasi pada komputer, dikarenakan menggunakan  model atau prototype dari produk yang sedang dikembangkan.

Adanya model atau prototype produk ini, target market atau klien dapat merasakan sense dari produk yang dijual dan pasarkan.

 

2. Pemasaran Lebih Interaktif

Dalam memasarkan produk akan lebih menarik jika suasana terasa interaktif. Hal ini juga akan memberi kesan yang bagus dari klien terhadap produk yang dipasarkan. Diskusi interaktif yang dilakukan dengan model 3D ini juga akan menghasilkan kritik membangun yang baik untuk pengembangan produk.

Selanjutnya, produk bisa segera diperbaiki dan bisa segera dipasarkan. Kalau semua materi promosi hanya dalam bentuk data saja kesalahan tidak akan terlihat meski itu hanya berupa kemasan saja.

 

3. Memberikan detail sempurna

Dengan detail yang sangat baik, seseorang akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang sedanng diciptakan. Detail bisa didapatkan dari hasil cetak mesin 3D. Hasil 3D Printing memperlihatkan dari berbagai sisi sehingga detail produk terlihat jelas.

 

4. Pemanfaatan Model Lama untuk Produk Baru

Dengan menggunakan 3D Printing dari segi biaya pemasaran dapat ditekan. Hal ini dikarenakan beberapa model atau prototype baru yang sudah tidak terpakai pada promosi berikutnya dapat digunakan kembali. Proses ini dilakukan dengan cara didaur ulang untuk dibuat bahan cetak 3D.

Berbeda dengan model promosi dahulu yang bisa terbilang boros. Seperti,  baliho besar atau promosi besar-besaran pada media. Pemborosan ini dikarenakan alat promosi dahulu yang dipakai juga sering hanya satu kali pakai.

 

5. Dimudahkannya Visual Tour

Apabila bergerak pada bidang arsitektur dan jasa interior/eksterior memberikan tampilan sempurna adalah suatu kewajiban. Klien perlu juga diberikan materi promosi dengan visual yang menyeluruh. Ada yang menggunakan komputer bahkan teknologi Augmented Reality.

Jika promosi dengan visual komputer ataupun teknologi AR kita tidak dapat merasakan promosi tersebut secara langsung. Dikarenakan hanya tertampil secara virtual dan tidak dapat pegang visualnya. Inilah kenapa 3D printing memiliki peran yang bagus juga dalam pemasaran produk.

Dengan 3D Printing, pemasaran produk seakan hidup. Secara tampilan visualisasi dapat dirasakan secara langsung melalui sentuhan. Ini yang menambah daya tarik dari 3D printing untuk dijadikan media promosi produk. Kita dapat merasakan produk tersebut secara langsung.

Sebagai contoh, sample desain ruangan akan terasa hidup dan klien akan puas jika desain dibuat secara 3D.

 

Itulah beberapa manfaat jika kita menerapkan 3D Printing sebagai salah satu media promosi atau pemasaran produk yang dimiliki. Kalian juga dapat mencoba metode yang sejenis melalui 3D Animasi, cek selengkapnya disini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram