English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Inilah contoh loyalitas pelanggan yang perlu kamu ketahui

Inilah contoh loyalitas pelanggan yang perlu kamu ketahui

Dalam berbisnis ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi pemilik usaha. Para pengusaha perlu untuk mendapatkan pelanggan sebagai keberlangsungan usahanya. Namun, hal yang penting juga untuk diperhatikan  bagi pemilik usaha yaitu mempertahankan pelanggan.

Pelanggan baru tidak akan berarti banyak jika kamu tidak bisa mempertahankan customer lama untuk tetap membeli produk kamu kembali.

Jika pelanggan lama tetap loyal dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan, mereka akan senang hati memperkenalkan atau mempromosikan bisnis kamu ke rekan terdekat mereka. Ini sebuah bentuk promosi tidak langsung.

Kamu harus memiliki strategi khusus agar pelanggan tidak berpaling. Program loyalitas pelanggan adalah salah satu strategi untuk mempertahankan pelanggan lama.

Seperti dilansir dari uprint.id, berikut ini beberapa contoh loyalitas pelanggan yang dapat kamu tiru.

1. Membership Card

membership card

Membership card adalah kartu keanggotaan sebagai bentuk langganan pada suatu bisnis yang dikeluarkan oleh perusahaan retail. Kartu keanggotaan ini  sebagai upaya untuk menarik loyalitas dari pelanggan setia yang sudah ada.

Dengan hadirnya membership card diharapkan pembeli setia tidak akan berpaling ke perusahaan pesaing walaupun diberikan banyak tawaran.

Kartu keanggotaan sangat berguna untuk mempertahankan pelanggan lama, dimana mereka adalah salah kunci keberhasilan usaha. Ada pelanggan bisnis berjalan.

Sebaliknya, apabila usaha tidak menerapkan membership pelanggan hanya akan melakukan transaksi pembelian jika ada harga murah saja.

 

Adapun manfaat penerapan membership card sebagai berikut.

  • Pelanggan akan lebih mudah mengingat layanan yang telah mereka dapatkan
  • Pelanggan lebih dekat dengan brand produk bisnis kalian
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Sebagai simbol status kepercayaan diri bagi pelanggan
  • Membantu tim marketing untuk mengumpulkan informasi produk/jasa apa saja yang paling sering dibeli
  • Peluang promosi kepada pelanggan
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan

 

Itulah kenapa membership card sangat berguna dan berperan penting untuk membentuk loyalitas customer. Untuk membuat membership card, kamu dapat lihat selengkapnya pada artikel disini.

 

2. Menghadiahkan Gift Voucher

gift voucher

Selain membership card, Gift voucher dapat pula menjadi cara untuk membuat pelanggan menjadi loyal. Voucher yang  diberikan ini bisa berupa kupon untuk berbelanja di tempat baik potongan harga atau bonus pembelian. Nominalnya pun bisa sangat bervariasi, menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk membuat gift voucher kamu dapat lakukan dengan aplikasi canva. Disana ada banyak template desain kupon yang bisa kamu gunakan sesuai keinginan.

Langkah desain kupon dengan canva selengkapnya klik disini.

 

3. Menghadiahkan Poin

Setelah melakukan pembelian, pelanggan berhak atas sejumlah poin yang bisa mereka kumpulkan. Nantinya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan hal-hal menarik seperti potongan harga, hadiah khusus, hingga special rewards.

 

Mempertahankan pelanggan jelas bukan suatu perkara mudah, kamu perlu memikirkan strategi matang agar mereka tidak berpaling kepada produk lain.

Ketiga contoh loyalitas pelanggan yang telah disebutkan tadi bisa untuk memodifikasinya sesuai dengan karakter bisnismu sendiri. Menjaga kepercayaan dan kredibiltas usaha adalah salah satu cara membentuk loyalitas selain ketiga hal tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram