English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
email marketing: cara promosi lebih efektif

E-mail marketing: cara promosi lebih efektif

Ada banyak strategi pemasaran untuk menarik atensi masyarakat atas suatu produk atau jasa yang dipasarkan. Strategi pemasaran itu baik secara konvensional maupun secara digital. Apalagi kalau strategi yang kita majukan adalah content marketing. Segala sesuatunya berhubungan dengan dunia digital.

Adapun jenis strategi pemasaran konvensional itu bisa berupa relasi dan channel, kartu nama, flyers, artikel cetak, baliho, mmt, dsb. Sedangkan, jenis pemasaran digital atau digital marketing berupa website, SEM, sosial media, iklan berbayar, hingga e-mail marketing.

Dari sekian banyak strategi pemasaran secara digital e-mail marketing dibilang cukup efektif dalam memasarakan produk. Dilansir dari techinasia yang mengutip studi Campaign Monitor bahwa email marketing ternyata empat puluh kali lebih efektif dalam mengakuisisi pelanggan baru dibandingkan melakukan pemasaran di Facebook dan di Twitter.

Sedangkan, menurut riset dari DMA Insight bahwa 99% orang akan membuka email setiap harinya. Maka, hal ini merupakan suatu peluang besar untuk memberikan informasi produk atau jasa yang relevan dengan calon konsumen.

Email marketing menjadi perangkat penting pula sebagai sarana pendukung kemajuan konten, SEO, bahkan hingga penjualan.

Lantas, bagaimana email marketing ini bisa menjadi kekuatan bagi brand terutama dalam meningkatkan performa content marketing?

 

E-mail marketing: cara promosi lebif efektif
E-mail marketing: cara promosi lebif efektif

Biaya menjadi lebih efisien

Menurut emarketers, E-mail marketing bisa memberikan ROI empat kali lebih tinggi dibanding menggunakan media sosial sebagai strategi marketing. Hal ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki.

Untuk memulai email marketing ini bisa menggunakan berbagai platform email gratis ataupun berbayar dengan harga terjangkau. Dengan platform ini akan sangat membantu dalam mencapai banyak suscriber.

Promosi lebih efektif

Dengan memberikan email, bisa membuat para subscriber lebih menyadari tentang konten-konten terbaru dan terbaik yang telah dibuat. Terutama untuk mendorong traffic ke website dan menarik suscribers membaca konten yang telah dibuat.

Follower di sosmed meningkat

E-mail marketing bisa meningkatkan jangkauan dan visibilitas konten yang bisa memperkuat inbound marketing yang sedikit banyak akan memberikan dampak pada SEO ke depannya.

Selain itu, jika kita menyertakan link sosial media pada emai marketing yang dibuat akan menarik dan menambah engagement sosial media.

Brand menjadi expertise pada konten yang disajikan

Selain email marketing berisi berbagai informasi penting, menarik, dan mampu meningkatkan traffic ke website maupun sosial media. Ia juga mampu mendorong aktivitas penjualan dari informasi yang diberikan pada email tersebut.

Dengan informasi  email marketing yang dikirim secara rutin, berkualitas, dan relevan dengan apa yang audiens perlukan, nilai dan reputasi brand akan meningkat juga. Hal ini menciptakan kepercayaan  dan loyalitas audiens seiring berjalannya waktu.

 

Itulah email marketing yang mampu menjadi strategi pemasaran digital saat ini. Suatu jenis promosi yang terbilang lebih efektif dibandingkan model pemasaran lainya. Sepertinya perlu untuk dicoba sebagai cara meningkatkan performa content marketing, sebuah kekuatan bagi brand yang dimiliki.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram