English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Biografi Pendiri Studio Ghibli

Biografi Pendiri Studio Ghibli: Hayao Miyazaki

Hayao Miyazaki adalah salah satu pendiri Studio Ghibli, sebuah studio film dan animasi asal Jepang. Ia telah memperoleh pengakuan internasional sebagai kreator pembuat film fitur animasi, dan secara luas dianggap sebagai salah satu pembuat film paling sukses dalam bisnis animasi di seluruh dunia.

 

 

Pria kelahiran 5 Januari 1941 di Bukyo, Tokyo ini memiliki minat pada dunia animasi dan manga sejak usia dini. Anak kedua dari empat putra ini pernah bekerja di Toei Animation sebagai seniman pada tahun 1963. Adapun seniman itu berupa sebagai anime televisi Wolf Boy Ken dan anime fitur teater Doggie March.

Pada tahun 1964, Miyazaki bekerja di Gulliver’s Travels Beyond the Moon. Di tahun yang sama, ia juga seorang pemimpin dalam perselisihan perburuhan dan sekretaris kepala serikat buruh Toei

Hayao Miyazaki pindah ke The Great Adventure of Horus, Prince of the Sun sebagai Kepala animator, seniman konsep, dan perancang adegan pada tahun 1968.

Dalam proses karirnya, pendiri Studio Ghibli ini memiliki seorang mentor yang bekerja erat dengannya yaitu Yasuo Otsuka. Pekerjaan Miyazaki ini juga dipengaruhi oleh pendekatan mentornya lebih kepada animasi.

Tak jauh berkecimpung dalam dunia animasi, Miyazaki pernah menulis dan mengilustrasi manga People of the Desert terbit antara September 1969 hingga Maret 1970. Hasil karyanya tersebut diterbitkan oleh Koran Laki-laki dan Perempuan (Shōnen shōjo shinbun).

Pada tahun 1969 pernah menyediakan animasi utama bagi film yang disutradarai Kimio Yabuki, The Wonderful World of Puss’n Boots. Pada tahun yang sama, Miyazaki juga menciptakan seri manga 12-bab. Hal ini sebagai promosi film tersebut dan mengusulkan adegan skenario Flying Phantom Ship.

Kemudian, ia mengembangkan struktur, karakter, dan desain untuk adaptasi Hiroshi Ikeda di Animal Treasuer Island tahun 1971.

D

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram