English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Belajar Coding Bentuk Investasi

Belajar Coding Bentuk Investasi Masa Depan

Perkembangan zaman yang semakin cepat memunculkan berbagai ilmu baru, salah satunya dalam bidang teknologi. Beberapa tahun ke belakang, trend pertumbuhan teknologi meningkat signifikan. Dahulu yang komputer masih dengan sistem operasi sederhana kini hadir dengan sistem operasi yang canggih. Hal ini karena perkembangan ilmu coding yang semakin meningkat pesat pula.

Ilmu coding salah satu bagian terpenting yang harus diketahui ketika hendak membuat suatu program. Bagi kebanyakan orang yang tidak paham di dunia IT akan merasa pusing atau bingung dengan kode-kode dalam perkodingan. Dahulunya, ilmu coding ini hanya bisa dipelajari secara khusus pada perguruan tinggi yang memiliki prodi yang berhubungan dengan percodingan, seperti Sistem Informasi.

Namun, seiring akses informasi yang semakin cepat dan mudah di masa sekarang mendapatkan ilmu bisa dengan mudah tanpa harus menjalani jenjang yang lebih tinggi. Ilmu coding ini bisa kita cari dan temukan dengan mudah di situs-situs yang memberi pembelajaran tentang coding. Kursus online sudah banyak tersedia saat ini. Dengan ini, kita bisa belajar secara otodidak pula.

Trend teknologi yang semakin tinggi di masa sekarang dan melihat prospek kerja di masa depan yang bagus, belajar ilmu coding menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Belajar coding merupakan investasi jangka panjang karena era globalisasi saat ini sangat pesat memaksa semua keperluan untuk bergerak pada bidang digital.

Hal ini dikarenakan, Indonesia merupakan negara dengan ekosistem startup terbesar dan paling menjanjikan di wilayah Asia Tenggara. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kita  membayangkan developer mancanegara berbondong-bondong memasuki Indonesia.

Jika kita tidak berbenah diri maka  developer dari luar-lah yang akan masuk dan menggeser posisi kita. Apalagi saat ini arus tenaga kerja terampil dai negara manapun di ASEAN bebas masuk Indonesia.

Lantas, apa itu coding? Dan, dimana kita bisa belajar coding ini ?

 

Pengertian Coding

Seperti dilansir dari dewaweb.com, coding adalah kegiatan penulisan dan pengumpulan serangkaian perintah untuk membuat sebuah program komputer.

Coding ini sama halnya bahasa komunikasi manusia, cuman perbedaannya coding ini bahasa pemrograman pada komputer. Adapun bahasa pemrograman yang ada seperti, SQL, PHP, Java, Python, dsb.

Setiap kode bahasa pemrograman tersebut membantu komputer mengetahui dan mengikuti instrukdi dari apa maksud keinginan dalam menggunakan komputer tersebut. Ibarat seperti, kode-kode tersebut merupakan kumpulan instruksi untuk membuat sebuat program.

Dalam melakukan coding diperlukan ketelitian tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan kesalahan kecil mengakibatkan program yang sedang dibuat tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Apakah coding untuk web development?

Adapun coding merupakan bagian dari web development.  Web development atau bisa disebut juga web programming adalah proses pembuatan website hingga aplikasi menggunakan coding. Adanya web-web ini yang pada akhirnya akan dikunjungi oleh kebanyakan orang yang mempunyai akses internet.

Sehingga, coding ini digunakan pada pembuatan maupun pengembangan website. Tak hanya website, pembuatan mobile app juga demikian.

 

Daftar Populer Bahasa Programming

Ketika belajar coding perlulah paham dan mengetahui bahasa pemrograman apa saja yang banyak dikenal dan digunakan oleh kebanyakan programmer. Hal ini setiap bahasa programming mempunyai kegunaan tersendiri. Ada yang khusus diperuntukan dalam membuat sofyware desktop dan web development maupun sebagai analisis data.

Oleh karena itu, berikut daftar bahasa programming terpopuler yang TRIES rangkum.

1. Javascript

Bahasa pemrograman dalam pembuatan sebuah halaman website interaktif dan dinamis. Dalam pemakaian Javascript agar optimal dapat digunakan bersamaan dengan server-side language, Node JS. Selain itu, terbiasa menggunakan HTML dan CSS membantu Agar lebih mahir  dalam menggunakan Javasript.

2. Hyper Text Markup Language

Hyper Text Markup Language atau sering dikenal dengan HTML merupakan bahasa pemrograman yang paling terkenal. Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan website.

HTML terdiri beberapa short codes yang nantinya akan menjadi sebuah text, disimpan menjadi sebuah file HTML, dan dibuka di browser.

Lalu, browser akan membaca file dan menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan visual sesuai dengan keingian developer.

Diperlukan tag yang benar dalam pengerjaan  kode HTML agar tampilan sesuai keinginan. Selain itu, text editor HTML dapat digunakan juga saat menulis HTML sepeeti Atom, Sublime, dan Notepad++.

 3. Cascading Style Sheets

Cascading Style Sheets atau lebih dikenal CSS ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web. Berbeda dengan HTML, CSS mengontrol aspek desain seperti mengatur warna tulisan, jenis font, jarak spasi paragraf, ukuran kolom, background dan warna, layout desain web, tampilan web di berbagai devide dengan ukuran layar, dsb.

Dalam pengerjaan, CSS biasanya digabungkan dengan markup language (HTML ataupn XHTML)

4. Python

Sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan banyak hal pada semua sistem operasi komputer modern.  Hal yang bisa dilakukan yaitu memproses text, angka, gambar, dan berbagai data yang disimpan di komputer.

Python ini sebuah bahasa yang perlu diterjemahkan dimana tidak akan dikonversi ke kode yang dapat dibaca komputer sebelum program dijalankan. Melainkan, penerjemahan ketika program dijalankan.

Adapula hal ini yang bisa Python lakukan, yaitu.

  • Programming CGI aplikasi web
  • Membangun RSS Reader
  • Reading dari dan writing ke MySQL
  • Reading dari dan Writing ke PostgreSQL
  • Membuat calendar di HTML
  • dsb.
5. C++

Sebuah bahasa pemrograman yang fleksibel dan efisien. C++ ini masih diminati karena performa, reliabilitas, dan berbagai konteks yang dapat digunakan.

C++ ini banyak digunakan oleh Microsoft, Oracle, PayPal, Adobe dalam membuat dan mengelola program mereka. Selain itu, Banyak  developer aplikasi desktop yang menggunakan C++ untuk performance-intensive task.

6. Java

Dari bahasa pemrograman yang ada, Java merupakan paling populer. Hal ini dikarenakan 90% perusahaan Fortune 500 menggunakannya.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Java ini sangat banyak digunakan, walaupun bukan bahasa pemrograman paling keren saat ini yaitu.

  • Slogannya ” Write once, run everywhere “
  • Mempunyai Java Virtual Machine (JVM) yang kuat, dimana menjadikan kompatibel pada berbagai platform.
7. Ruby

Salah satu bahasa pemrograman paling sukai dibanding yang lain. Ruby dirancang agar ramah dan mudah oleh developer seperti taglinenya Teman Terbaik Programmer.

Sebuah bahasa pemrograman yang high level bertujuan mencapai banyak hal dengan menggunakan beberapa baris kode yang bersih dan mudah dibaca.

8. PHP

Hypertext Preprocessor atau sering disingkat dan dikenal dengan PHP merupakan bahasa pemrograman backend paling populer di website. PHP ini bertujuan untuk memperbagus tampilan sebuah halaman website.

Adapun PHP juga bisa untuk membuat berbagai fitur website antara lain.

  • Halaman login seperti username dan password.
  • Mengecek detail sebuah form.
  • Membuat forum.
  • Galeri gambar.
  • Survei.
  • dsb.

 

Nah, setelah mengetahui apa itu coding, tujuan coding, dan macam bahasa pemrograman yang ada pastinya bertanya dimana tempat yang bisa digunakan untuk belajar coding. Ada banyak referensi di internet yang bisa digunakan untuk belajar coding seperti situs online gratis maupun berbayar tanpa harus repot untuk mengikuti kelas offline.

Berikut beberapa situs gratis yang bisa digunakan untuk belajar coding.

  1. Codeacademy
  2. Free Code Camp
  3. Codewars
  4. The Odin Project
  5. HackerRank
  6. EDX
  7. Coursera
  8. MIT Open Courseware
  9. Upskill
  10. W3School

 

KESIMPULAN

Belajar coding bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, tidaklah sulit juga karena ada berbagai situs kursus gratis yang bisa digunakan. Maka, bukan suatu hambatan untuk kita bisa mempelajari coding dan menjadikannya sebuah investasi masa depan. Karena kebutuhan tenaga ahli IT untuk kedepannya akan terus meningkat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram