English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Beberapa cara jitu menjaga komunikasi dengan customer

Beberapa cara jitu menjaga komunikasi dengan customer

Menjaga komunikasi dengan customer merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis. Dapat dikatakan nyawa dari usaha atau bisnis tersebut adalah customer dan pwelanggan yang sudah loyal dan mempercayai kredibilitas usaha. Tanpa ada perputaran aktivitas transaksi dengan customer, usaha yang ada tidak dapat berjalan dengan lancar.

Pepatah pernah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Ini berlaku juga buat customer. Kamu perlu mencari cara agar bisa lebih mengenal lebih dekat dengan customer kamu. Agar keberlangsungan usaha bisnis dapat terus dijaga. Mungkin kamu perlu mencoba cara ini.

 

Email marketing

email marketing cara jitu menjaga komunikasi dengan customer

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan email untuk mengirimkan promosi atau tujuan pemasaran lainnya langsung kepada email customer. Strategi pemasaran online ini sangat direkomendasikan apabila Anda ingin mengembangkan bisnis di dunia digital.

Dikarenakan email marketing merupakan strategi pemasaran online yang bersifat personal, maka tentu saja kamu dapat menjaga komunikasi dengan customer berkat email marketing.

Secara tidak langsung email marketing juga menciptakan branding sehingga customer akan terus membeli produk atau bahkan mengingat nama brandmu. Selain itu, email marketing juga membuat usaha bisnis terlihat profesional. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat klik disini.

Website Bisnis

Website bisnis, cara jitu menjaga komunikasi dengan customer

Dengan adanya website bisnis, customer dapat terus terhubung dengan informasi yang perusahaan sediakan. Hal ini dikarenakan website bisnis dapat sebagai wadah penyampaian informasi secara up to date kepada customer

Banyak informasi yang bisa disediakan dalam website bisnis. Informasi tersebut berupa produk atau jasa baik yang sudah ada atau terbaru, pelayanan customer service, maupun berita terbaru yang dimiliki. Website bisnis ini sebagai jembatan antara usaha bisnis dengan customer kamu.

Customer tidak perlu bingung harus kemana untuk mendapatkan informasi terkait produk dari usaha kamu. Ini salah satu caraagar  customer kamu tetap terjaga hubungannya dengan bisnis kamu.

Platform Media Sosial

Media sosial menjadi cara jitu menjaga komunikasi dengan customer

Pada masa sekarang, media sosial merupakan platform digital yang begitu ramai penggunanya. Seperti dikutip dari lifestyle kontan, ada 5 media sosial yang paling banyak digunakan pada tahun lalu diantaranya whatsapp, instagram, youtube, tiktok, dan facebook.

Dengan ke-5 media sosial tersebut dapat kita gunakan sebagai penghubung antara usaha dengan customer. Hal ini usaha bisnis dapat terlihat aktif di mata customer. Ini juga menambah kepercayaan customer terhadap usaha bisnis yang sedang kamu jalani.

Selain website bisnis yang dapat digunakan  untuk aktif memberi informasi, media sosial jauh lebih berpengaruh. Karena pengguna digital lebih sering berkomunikasi menggunakan media sosialnya. Inilah kenapa memiliki media sosial bisa dijadikan cara jitu untuk menjaga komunikasi dengan customer.

 

Logo Bisnis

Logo menjadi alat komunikasi secara tidak langsung kepada pelanggan. Suatu usaha bisnis yang memiliki logo yang unik dan mudah dikenal akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Hal ini logo penting untuk disertakan dalam berbagai aktivitas usaha. Ibarat kata logo adalah pengenal usaha yang dimiliki untuk diketahui oleh masyarakat luas terutama calon customer.

Penggunaan logo menjadi perantara komunikasi dengan customer. Seperti apa, bisnis yang dipunyai dan suatu ciri khas terhadap produk yang ada.

 

Ulasan pelanggan

Suatu usaha akan berjalan dengan baik apabila telah memiliki rating yang bagus. Rating ini didapatkan dari berbagai ulasan customer yang pernah melakukan transaksi. Apakah usaha ini bagus atau tidak, customer akan dapat menilai.

Inilah kenapa selain yang disebutkan diatas, ulasan pelanggan lain juga dapat menjadi cara jitu untuk menjaga komunikasi dengan customer. Dengan pelanggan memberi ulasan, mereka akan tetap aktif berkomunikasi dengan usaha kita.

 

Itulah beberapa cara jitu yang bisa digunakan sebagai upaya menjaga komunikasi dengan customer agar usaha tetap berlangsung jangka panjang.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram