English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Aplikasi Travel with AR

Aplikasi Travel with AR: Jogja sudah punya

Aplikasi travel with AR adalah sebuah aplikasi untuk travelling hanya melalui gadget. Pernah membayangkan bagaimana rasanya memiliki pintu ajaib seperti di kartun Doraemon? kamu bisa download aplikasi Travel with AR. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk masuk portal visual ke tempat lain. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin travelling tapi belum memiliki cukup uang yang cukup.

Ada daerah di Indonesia yang sudah memiliki fitur travel with AR ini yaitu kota pendidikan, Jogja. Fitur tersebut berada pada aplikasi Jogja Istimewa. Aplikasi ini dapat diunduh pada play store baik android maupun ios. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut pilih Jogja AR yang tersedia di aplikasi Jogja Istimewa. Nantinya, kita akan dimunculkan layar dengan gambar kecil beserta nama lokasinya. Setelah itu, kita dapat menikmati travelling daerah di Jogja hanya melalui gadget.

 

Fitur Jogja AR pada Aplikasi Jogja Istimewa
(FOTO) Fitur Jogja AR pada Aplikasi Jogja Istimewa: teknologi travelling hanya melalui handphone

 

Augmented Reality (AR) adalah teknologi digital yang membuat perubahan persepsi seseorang tentang lingkungan fisik mereka, khususnya saat dilihat melalui perangkat tertentu. AR cukup mirip dengan VR, namun AR tidak menggantikan lingkungan di dunia nyata, melainkan mengombinasikannya dengan melapisi komponen digital.

Sederhananya, kita mengarahkan kamera setelah membuka fitur Jogja AR ke benda-benda di sekitar kita melalui smartphone. Darisana, kita bisa melihat informasi gedung, jadwal event yang diselenggarakan dalam gedung tersebut, dan menemukan suatu tempat dengan lebih mudah hanya mengarahkan kamera pada tempat tersebut.

Jogja AR hampir sama dengan aplikasi Travel with AR. Namun, ia membantu sekali terutama saat berada di dalam gedung atau tersesat di tengah hutan karena Jogja AR ini memiliki rentang yang cukup jauh. Dengan rentang maksimal 40 km dari lokasi berada.

Tak hanya itu, kita bisa melihat deskripsi singkat dari gambar dan nama lokasi yang muncul di layar. Tersedia juga fitur direction yang dapat digunakan untuk menuju lokasi dimana sudah terintegrasikan dengan Google Maps.

 

Contoh Aplikasi Travel with AR

Itulah salah satu contoh dari sekian banyak aplikasi Travel with AR yang tersedia. Adapun aplikasi yang sejenis antara lain.

  1. Travello
  2. Virtlo World Around Me
  3. Travel Buddy: Find a Local & Plan Your Trip
  4. MOPO AR – Hamburg time travel
  5. dsb.

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram