English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
4 Alasan Belajar Coding

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding

Hampir sama dengan bahasa lain, code dalam dunia percodingan ini merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer, aplikasi, hingga website. Adapun bahasa pemrograman meliputi HTML, Javascript, dan Python.

Walau mungkin bagi sebagian orang, coding bisa terlihat sangat rumit. Namun, belajar coding bisa menjadi mudah jika kita sendiri bisa  dengan konsisten dan tekun.  Seperti halnya membaca dan menulis, belajar coding juga membuka berbagai peluang bagi diri beriringan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin tumbuh.

 

Coding
Belajar Coding

Oleh karena itu, simak 4 alasan utama kenapa kamu harus belajar coding berikut ini.

1. Kesempatan tak terbatas

Perkembangan teknologi yang semakin meluas ke berbagai lini bidang menghadirkan peluang dan kesempatan baru. Hal ini berupa lapangan pekerjaan dan profesi baru. Seperti, ahli programmer yang zaman dahulu belum begitu populer kini semakin populer ditengah masyarakat karena tren teknologi yang terus maju.

Teknologi dalam perkembangannya membutuhkan ahli dibidangnya untuk mendukung tren ini. Oleh karena  itu, belajar coding ini menjadi langkah awal untuk menerima kesempatan tak terbatas. Selain itu, prospek yang cukup menjanjikan inilah yang membuat kesempatan belajar coding menjadi tak terbatas pula.

2. Kreativitas dan Problem Solving Terasah

Belajar coding memerlukan cara berpikir yang out of the box, karena untuk bisa menghasilkan karya digital yang bagus bahkan unik. Dengan berpikir out of the box membantu kita untuk lebih mengasah pola pikir dan menghadirkan ide-ide yang beda dari biasanya.  Hal ini diperlukan untuk menciptakan suatu aplikasi atau web yang unik idenya.

Dengan computational thinking  ketika kita melakukan coding juga membantu pula dalam memecahkan masalah, berpikir terstruktur, efisien, dan sistematis. Sehingga, belajar coding menjadikan kreativitas dan problem solving semakin terasah. Dan, inilah salah satu alasan kenapa kamu harus belajar coding.

 

3. Peluang Membuat Perubahan

Hal lain yang membuat kamu harus belajar coding yaitu peluang yang cukup luas untuk membuat perubahan. Dengan belajar coding memberi berbagai peluang salah satu lebih produktif untuk menghasilkan suatu aplikasi atau web.

Tokoh yang sudah memanfaatkan peluang ini adalah Mark Zuckerberg yang menghadirkan facebook. Aplikasi facebook ini cukup membawa pengaruh yang begitu luas di masyarakat dunia. Siapa yang tidak kenal facebook, hampir yang menggunakan gadget mengenal aplikasi ini. Facebook menghadirkan perubahan dalam cara manusia berinteraksi yang secara konvensional menjadi digital.

Tak hanya itu, Larry page pembuat Google salah satu Search Engine paling populer dan digunakan saat ini. Ia memberi sebuah perubahan besar dalam aktifitas memberi dan memperoleh informasi bagi masyarakat dunia. Penggunaan search engine kini selalu ada setiap harinya.

Oleh karena itu, peluang untuk membuat perubahan ini merupakan alasan yang cukup buat kamu belajar coding dari sekarang.

4. Bahasa Masa Depan

Ada banyak bahasa di dunia ini, baik bahasa suatu daerah atau negara, hewan, hingga bahasa pemrograman. Ada banyak pula keuntungan kita mempelajari berbagai bahasa tersebut. Terlebih bahasa pemrograman memiliki prospek yang bagus.

Bahasa pemrograman ini akan menjadi suatu bahasa masa depan. Karena bahasa ini akan banyak diperlukan dalam menghadirkan inovasi produk teknologi di kemudian hari.

 

Tak hanya 4 alasan yang sudah diuraikan diatas, namun masih ada alasan lain yang bisa kalian temukan dan ciptakan sendiri. Belajar coding akan menjadi mudah pula apabila kita memiliki alasan yang cukup kuat. Agar ketika proses belajar mengalami kesulitan kita bisa lihat kembali alasan dibalik pembelajaran tersebut.

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram