English EN Indonesian ID
English EN Indonesian ID
Mengenal Teknologi Digital Printing

Mengenal Teknologi 3D Printing

Mengenal Teknologi 3D Printing sama halnya mengetahui seluk beluk dunia percetakan dimana mengalami transformasi perubahan yang lebih baik. Lantas, apa itu? Bagaimana kegunaannya dari 3D Printing.

Simak artikel yang dibuat oleh tries berikut ini untuk mengenal teknologi 3d printing selengkapnya.

Pengertian 3D Printing

3D Printing merupakan teknologi yang dicipatkan pertama kali oleh Chuck Hull, 3D Systems Corp pada tahun 1980-an. Sejak saat itu, 3d printing terus mengalami perkembangan dan digunakan secara luas dari berbagai negara.

Sebuah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) atau 3D printing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari suatu desain digital. Karena merupakan 3D, maka benda ini memiliki volume sehingga bisa Anda pegang secara langsung. Tentunya inovasi ini memberi dampak tersendiri terhadap dunia manufaktur.

Kegunaan

Seperti yang dilansir dari laman ids, kegunaan 3D printing ini sebagai prototyping (model) maupun industri secara luas. Adapun industri tersebut antara lain arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fesyen, sistem informasi geografis hingga biotech.

 

Sample 3D Printing
(FOTO) Teknologi 3D Printing sample

 

Setelah mengetahui apa itu 3D Printing beserta kegunaannya. Berikut fakta menarik dari 3D Printing yang dilansir dari ee.itk.ac.id

Fakta 3D Printing

1. Sudah Ada Sejak Lama

Teknologi 3D Printing bukanlah suatu hal yang baru ada, melainkan sudah ada sejak lama tahun 1980-an. Pada tahun 2000-an, 3D Printing pernah membuat gebrakan ketika ditemukannya teknologi Fused Deposition Modeling (FDM) dan filamen nilon.

2. Bahan cetak 3D tak terbatas

Dari segi material, 3D Printing mengalami perkembangan dan menawarkan peluang yang besar. Seperti, plastik, logam, resin, kayu cetakan 3D, keramik, dsb

3. Penyelamat nyawa dalam dunia medis

3D printing membantu para ahli bedah dan dokter dalam hasil rekam medis yang dicetak, pembuatan replika organ sebagai bahan percobaan, hingga membuat peralatan bedah menggunakan 3D Printer.

4. Penerbangan Angkasa (AeroSpace)

Dalam proses pembuatan pesawat untuk penerbangan luar angkasa khususnya nasa, memerlukan waktu dan biaya yang mahal. Dengan 3D Printing pembuatan model pesawat tersebut dengan waktu dan pembayaran yang lebih efisien. Selain itu, pembuatan lorong udara jalur penerbangan pesawat angkasa juga melalui proses 3D Printing ini.

 

Adapun dalam prosesnya 3D Printing menggunakan berbagai teknik, meliputi.

  1. Selective Laser Sintering (SLS)
  2. Stereolithography (SLA)
  3. Digital Light Processing (DLP)
  4. Electronic Beam Melting (EBM)
  5. Selective Laser Melting (SLM)
  6. Fused Deposition Modelling (FDM)

 

Simak video berikut tentang cara 3D Printing selangkapnya.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram